Rabu, 24 Februari 2010

Bandung Tempo Doeloe

Kota Bandung sejak jaman kolonial Belanda (sekitar tahun 1920) dikenal sebagai Paris van Java, yang artinya kota Paris di pulau Jawa, julukan ini diberikan masyarakat belanda dikarenakan saking indahnya kota Bandung ini pada masa itu. Pembangunan gedung-gedung berkelas eropa, sarana jalan raya & tata letak kota sungguh sangat indah dilihat.
Gedung sate, Jalan Braga, Stasiun kereta api, Hotel Savoy homann dan Alun-alun Bandung merupakan gedung megah yang berdiri s/d sekarang.
Kenangan masa lalu ini pantas untuk dikenang sepanjang masa. Dibawah ini saya sertakan beberapa foto gedung & suasana kota bandung pada saat dahulu kala ini.. :)



 
gedung sate, 1950 - bersih dan bebas pagar

  
Jl. Braga, tahun 1940 - europe style sampe sekarang


Suasana alun-alun Barat Tahun 1940, sepi & coba liat bapak2 bersarung itu.. kayanya sih mo ke 
mesjid agung. masih inget kan letaknya..  ^_^

 
Suasana Stasiun Bandung Tahun 1920, koq sepi ya?.. jaman dulu penduduk masih dikit kali


Nah yang ini pasti tau kan?.. yup betul! Hotel Savoy Homann, hebat!! sekarang pun tetep ga rubah, cuma pagernya yang direnovasi. Potret ini diambil tahun 1920.

Hebatkan arsitek-arsitek Belanda jaman dulu? (tapi penjajahannya sih kaga bangett!!) mereka membangun bangunan yang emang udah dipikirin kuat berdiri berpuluh-puluh tahun. Moga-moga warisan budaya ini bisa tetap terjaga sepanjang masa.

(sumber foto : www.bandung.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar